top of page

Perkuat Ekspansi Pasar, Molca Hadirkan Solusi AR/VR di Event Indonesia 4.0 2024

Diperbarui: 1 Sep


JAKARTA - PT Molca Teknologi Nusantara atau yang dikenal dengan Molca menghadiri Indonesia 4.0 Conference & Expo yang diselenggarakan pada 27-28 Agustus 2024. Indonesia 4.0 Conference & Expo 2024 merupakan inisiasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang bertujuan untuk menjadi platform utama bagi diskusi, inovasi, dan pameran mengenai transformasi digital dan implementasi teknologi Industri 4.0 di Indonesia. Acara ini diramaikan oleh berbagai solusi sektor manufaktur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, transportasi, telekomunikasi, marketplace, perguruan tinggi/akademisi, asosiasi, pusat penelitian dan pengembangan (R&D), masyarakat sipil, penyedia teknologi, dan perusahaan rintisan (start-up).


Molca diwakili oleh Ali Fikri selaku CEO dan tim yang terdiri dari Dwika Widyantama, Farhan Muhammad, serta Achmad Fatrian.


Dalam acara yang berlangsung di Grand Ballroom Jiexpo Kemayoran Jakarta ini, Molca menampilkan solusi-solusi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Metaverse Experience (MR). Beberapa contoh solusi dan produk yang dikenalkan oleh Molca dan dapat dicoba secara langsung oleh pengunjung adalah VR Firefighter (APAR), Digital Twin dan ALICA (Artificial Learning Intelligent Coaching Assistant).


Secara lebih rinci, VR Firefighter (APAR) merupakan sebuah simulasi berbasis Virtual Reality (VR) yang dirancang untuk melatih petugas pemadam kebakaran dalam skenario yang realistis namun aman. Dalam simulasi ini, peserta dapat mengalami berbagai situasi darurat seperti kebakaran di gedung, mobil yang terbakar, atau kondisi lainnya yang membutuhkan keterampilan pemadam kebakaran. Pengguna dapat belajar teknik pemadaman, penyelamatan, serta penggunaan alat pemadam kebakaran tanpa harus berada dalam situasi berbahaya yang sebenarnya. Simulasi ini memungkinkan pemadam kebakaran untuk melatih respons mereka terhadap berbagai skenario, meningkatkan keahlian, dan kesiapsiagaan mereka dalam menghadapi kebakaran nyata.


Kemudian produk Digital Twin, yang merupakan representasi virtual yang canggih dari objek fisik, proses, atau sistem yang mencerminkan kondisi aktualnya. Digital twin ini mengintegrasikan data real-time yang dikumpulkan dari sensor yang terpasang pada objek fisik, memungkinkan simulasi perilaku, pemantauan operasi, dan analisis secara akurat. Digital twin dapat diterapkan pada berbagai skala, mulai dari komponen tunggal dalam suatu mesin, seperti motor, hingga sistem yang lebih kompleks, seperti jalur produksi pabrik, jaringan listrik, atau bahkan kota pintar. Dengan adanya digital twin, perusahaan dapat memantau kondisi dan performa aset mereka secara real-time, memberikan wawasan yang lebih dalam untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat. Selain itu, teknologi digital twin memungkinkan visualisasi dan interaksi yang lebih mendalam melalui integrasi dengan Augmented Reality (AR), sehingga pengguna dapat melihat dan mengontrol model digital secara langsung di lingkungan fisik. Ini membuka peluang baru dalam pengawasan, pelatihan, dan perawatan aset, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan berbasis data. Digital twin telah menjadi alat penting dalam transformasi digital di berbagai industri.



Selain itu ada pula ALICA (Artificial Learning Intelligent Coaching Assistant) yang berperan sebagai asisten virtual dirancang dengan teknologi kecerdasan buatan. ALICA sudah dilatih untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pengguna dan dapat disesuaikan kemampuannya berdasarkan industri yang menggunakannya. ALICA juga dapat diintegrasikan dengan teknologi Virtual Reality dan dapat digunakan secara bersamaan dengan VR headset untuk memberikan asistensi dalam proses pembelajaran ataupun training karyawan. Hal ini menjadi keunikan dari ALICA yang saat ini merupakan satu-satunya solusi AI di Indonesia yang bisa terintegrasi dengan Virtual Reality.


Solusi-solusi yang dibawa oleh Molca ini berhasil menarik minat pengunjung pameran untuk mencoba pengalaman menggunakan AR dan VR secara langsung. Pengunjung sangat antusias akan teknologi yang dibawa oleh Molca. Tercatat dalam dua hari, booth Molca tidak pernah sepi pengunjung dan telah menghasilkan puluhan potensi kerjasama baru di bidang AR, VR dan Metaverse Experience.


Tentu saja solusi-solusi diatas hanya sebagian kecil dari Molca. Masih banyak lagi produk dan portofolio yang sudah dimiliki Molca di bidang AR, VR, dan Metaverse Experience. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Molca dan solusi lainnya, silahkan mengaksesnya melalui informasi di bawah ini.


WhatsApp: wa.me/62811324066 

 


Comments


bottom of page